Welcome To My Blog

Selasa, 11 Oktober 2011

Tips aman dari keylogger




Saya akan memberi sedikit penjelasan mengenai software keylogger yang merupakan salah satu software yang dapat merugikan akun Anda, dan mungkin teman-teman diantaranya sudah mengetahui software ini.
Terus terang ( jujur 100%) dengan penjelasan ini bukan berarti Saya seorang pelaku atau pengguna software ini apalagi pembuat, tetapi Saya hanya mencoba untuk mempraktekan dan meneliti (kaya ilmuwan aja) cara kerja software ini dan setelah saya coba maka Saya sengaja menginformasikannya ke teman-teman semua.

Keylogger adalah alat pencatat atau perekam aktivitas yang dilakukan pada computer, Keylogger bekerja secara sembunyi-sembunyi dan merekam setiap tombol yang kita tekan pada keyboard.

Inilah, gimana keyloger itu bekerja:

Saat naive user (user awam) menekan a-z, 0-9, ataupun kombinasi keyboard seperti Shift+2, dll akan tercatat oleh keylogger. Keylogger sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu Keylogger software & Keylogger hardware. Keylogger hardware biasanya berupa alat yang dipasang diantara slot keyboard pada komputer & keyboard, sedangkan Keylogger software berupa program atau aplikasi yang di-instal pada computer yang akan dipasangi Keylogger.


Contoh Keylogger software adalah family Keylogger, atau kalau anda kreatif anda bisa membuatnya sendiri dengan VB6.0 atau delphi. Keylogger banyak dimanfaatkan dalam dunia hacker khususnya dalam pencurian user name-password karena kebanyakan naive user tidak menyadari bahwa computer yang digunakannya telah dipasangi Keylogger, sehingga saat user itu sedang membuka akun e-mail, chating MIRC, YM, membuka akun blog, Facebook, Twitter, bahkan transfer e-banking yang kesemuanya menggunakan user name – password ternyata semua aktifitas itu telah direkam oleh Keylogger. Jadi, setelah user pergi barulah si pemasang Keylogger ini panen user name-password yang telah terekam.

Saya sendiri belum pernah ngalamin tapi teman Saya adalah salah satu korban oleh keylogger ini. Ada sekitar 7 akun emai (Gmail & Yahoo) dan 3 akun Facebook yang terekam & disimpan passwordnya oleh keylogger ini, untungnya bukan blog, alhasil akun tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi, karena passwordnya sudah diganti oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Hati-hati saat menggunakan komputer orang lain.

Hati-hati saat anda menggunakan komputer orang lain baik teman atau rental komputer (warnet). Ingat! sedekat apapun pertemanan Anda itu tapi kita harus tetap menjaga privasi sendiri. Satu lagi yaitu di warnet, ada beberapa warnet yang pernah saya singgahi terdapat software itu, namun kalo kita teliti dengan komputer yang akan kita pakai maka kemungkinan besar kita terhindar dari masalah.
Tips:

Sebelum login ke akun email dan yang lainnya, coba untuk mengecek software Antivirus di komputer yang Anda pakai. Biasanya komputer sekarang sudah terinstall dua jenis antivirus yaitu yang buatan luar negeri dan lokal. (Padahal pake satu saja sudah cukup, asal jangan yang lokal dan selalu up-to-date).
Kemudian cek Antivirus tersebut, apakah realtime protection dan up-to-date atau tidak? biasanya jika AV tersebut tidak realtime protcetion artinya dalam keadaan didisable (dinonaktifkan) dan warna ikon di systray (posisi pojok kanan bawah) berwarna abu-abu atau ada tanda silang (x).
Apabila dalam komputer terdapat antivirus lokal saja seperti SMADAV, PCMAV, ANSAV dan yang lainnya harap waspada, karena antivirus lokal ini tidak terlalu sensitif terhadap keylogger.
Sebagai tambahan, install juga software anti keylogger, anti spywre atau anti malware. (download saja, banyak yang gratisan koq di net, ukuran filenya juga tidak terlalu besar)
Disarankan Anda untuk melakukan Clear Cache dibrowser tersebut, contoh pada Mozilla Firefox (pilih menu Tools > Clear Recent History di dropdown menu pilih Everything > Clear)
Kemudian stop billing system warnet tersebut lalu restart komputer, jika kesulitan langsung tekan tombol reset di CPU.

Ingat..! Masalah akun yang diambil alih oleh orang lain (dibajak) bukan berarti karena software keylogger atau cara yang lainnya, tetapi karena ada kesalahan dan kelalaian Anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Buku Tamu